Lapas Pati Gandeng WCC Gelar Pelatihan Bagi Warga Binaan Perempuan

Lapas Kelas IIB Pati kembali menggelar pelatihan bagi warga binaan yang mendekam di Lapas. Setelah sebelumnya ada sebanyak 30 warga binaan laki-laki, kali ini dengan menggandeng Women Crisis Center (WCC), pelatihan itu menyasar bagi warga binaan perempuan.

 

Ketua Pembina WCC Murdiyanti yang didampingi dr Novy Oktaviana bersama dengan Ketua Yayasan WCC Budi Nugrahaini disela-sela kegiatan pelatihan kepada wartawan mengatakan, Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih kemandirian bagi warga binaan yang mendekam di Lapas Pati agar memiliki kemandirian, sebab selama ini jarang ada yang memberikan perhatian bagi warga binaan perempuan kecuali dari keluarganya sendiri.

 

“Selama ini kecuali keluarga jarang ada yang memperhatikan warga binaan perempuan, dan mereka selama ini merasa terpojok atas keterpurukannya, jadi kami hadir untuk melihat dan melatih mereka agar lebih mandiri dan merasa diperhatikan,” ungkapnya. Kamis (11/11/2021).

 

Menurutnya, Para warga binaan selama ini merasa tidak ada teman, dan tidak ada yang memperhatikan, sehingga dengan dasar itulah, sebagai sesama perempuan yang sedang melakukan kesalahan dan sedang menjalani kewajiban.

 

“Jadi nanti akan kita berikan keterampilan,apalagi di Lapas Pati sudah bisa posting melalui media sosial, untuk jual makanan, loundry dan lain-lain, supaya ada kesinambungan, ada pemberdayaan ekonomi, dan ada kemandirian,”ujarnya.

 

WCC yang lahir dari tahun 2016 lalu, bukan hanya memberikan pelatihan bagi warga binaan yang mendekam di Lapas, namun saat ini, WCC juga akan melakukan peresmian rumah bagi lansia perempuan yang sedang ada masalah dan tidak memiliki tempat tinggal atau memiliki keluarga tapi tidak dipelihara atau tidak diperhatikan.

 

“Kita fokus memberikan perhatikan bagi perempuan yang sedang ada masalah, termasuk pendampingan hukum dan lain-lain, intinya kita bergerak di bidang sosial,” ujarnya.

 

Sementara terpisah, Kepala Lapas Kelas IIB Pati Febie Dwi Hartanto mengucapkan terima kasih kepada WCC yang bisa memberikan pelatihan dan perhatian bagi warga binaan perempuan, dan semoga apa yang diberikan bagi warga binaan perempuan ini bisa bermanfaat.

 

“Semoga dengan pelatihan ini bisa memberikan ketrampilan dan pengalaman bagi warga binaan, dan nantinya bisa dikembangkan ketika sudah bebas dari masa hukuman di Lapas Pati,” tandasnya

 

 

Lapas Pati Gandeng WCC Gelar Pelatihan Bagi Warga Binaan Perempuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas