Lapas Pati Adakan Tes Urine Pegawai dan Warga Binaannya

 

PATI – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pati melakukan test urine kepada Pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Jum’at (19/11). Test urine dimulai pukul 8 pagi dan diikuti oleh 75 orang terdiri dari 45 orang Pegawai termasuk Kepala Lapas dan 30 orang WBP.

 

Kegiatan Pelaksanaan Test Urine bagi Pegawai dan WBP ini merupakan tindak lanjut Surat dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor : W13.UM.01.01-827 tanggal 16 November 2021 perihal Pelaksanaan Tes Urine Mandiri bagi Petugas dan WBP di Lapas/Rutan.

 

Bersama Pegawai dan WBP, Kalapas Pati juga memberikan sampel urinenya untuk diperiksa. Ikut sertanya Kalapas dalam tes urine merupakan sinyal bagi seluruh Pegawai bahwa seluruh Pegawai mulai dari staf hingga pimpinan tanpa terkecuali harus berani membuktikan diri bersih dari narkoba.

 

Kalapas Pati, Febie Dwi Hartanto mengungkapkan tes urine ini lakukan sebagai langkah pencegahan ataupun peringatan untuk mendeteksi penyalahgunaan narkoba yang kemungkinan terjadi di lingkungan Lapas. “Jika nantinya terbukti ada Pegawai atau WBP yang positif menggunakan narkoba kami tidak segan-segan akan memberikan tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku,” jelasnya. Kegiatan ini juga sebagai bentuk tranparansi kinerja Lapas Pati dalam mewujudkan disiplin dan etos kerja yang tinggi dan mampu mewujudkan tertib pemasyarakatan.

 

“Kami berharap Lapas Pati terbebas dari ancaman narkoba, yang tentunya Petugas Lapas tidak terlibat dalam upaya penyelundupan dan penyalahgunaan narkoba. Dengan demikian, ini menjadi teladan terhadap warga binaan untuk tetap steril dari pengaruh narkoba,” imbuh Febie.

 

Hasil dari pemeriksaan tes urine bagi Pegawai dan WBP Lapas Pati dinyatakan ( – ) NEGATIF dari pemakaian maupun indikasi penyalahgunaan narkoba.

Lapas Pati Adakan Tes Urine Pegawai dan Warga Binaannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas